Tiap 1 Kindle Fire, Amazon Rugi 10 Dollar AS
KOMPAS.com
— Setiap penjualan satu Kindle Fire, Amazon ternyata tak langsung
menuai keuntungan, tetapi justru merugi sebesar 10 dollar AS. Pasalnya,
produksi Kindle Fire per unit ternyata berbiaya 210 dollar AS, sementara
harga jualnya hanya 199 dollar AS.
Sebuah perusahaan peneliti pasar, IHS iSuppli, menganalisis bahwa untuk membuat satu Kindle Fire, Amazon merogoh 191,65 dollar AS hanya untuk perangkat kerasnya. Total tepatnya termasuk biaya produksi dan lainnya mencapai 209,63 dollar AS.
Lalu, bagaimana Amazon mendapatkan untung? Seperti yang diprediksikan sebelumnya, Kindle Fire tidak dijual sebagai perangkat semata. Amazon merancang Kindle Fire sebagai perangkat untuk mengakses konten digital Amazon, yang ditargetkan menjadi sumber utama keuntungan.
Jadi, kalau diibaratkan, maka seorang pembeli Kindle Fire harus menghabiskan uang lebih dari 10 dollar AS sehingga keuntungan bisa didapatkan. Jumlah yang masuk akal, atau bahkan mungkin terlalu rendah, sebab pengguna pasti akan menghabiskan lebih selama bertahun-tahun.
Hampir pasti, Amazon takkan rugi besar secara riil. IHS iSuppli membuat pernyataan bahwa daya tarik Kindle Fire justru pada apa yang akan didapat dengan perangkat tersebut. Jadi, seperti supermarket saja, Kindle Fire membuat pengguna mendapat barang, sementara penyedia konten mendapat keuntungan.
Sebuah perusahaan peneliti pasar, IHS iSuppli, menganalisis bahwa untuk membuat satu Kindle Fire, Amazon merogoh 191,65 dollar AS hanya untuk perangkat kerasnya. Total tepatnya termasuk biaya produksi dan lainnya mencapai 209,63 dollar AS.
Lalu, bagaimana Amazon mendapatkan untung? Seperti yang diprediksikan sebelumnya, Kindle Fire tidak dijual sebagai perangkat semata. Amazon merancang Kindle Fire sebagai perangkat untuk mengakses konten digital Amazon, yang ditargetkan menjadi sumber utama keuntungan.
Jadi, kalau diibaratkan, maka seorang pembeli Kindle Fire harus menghabiskan uang lebih dari 10 dollar AS sehingga keuntungan bisa didapatkan. Jumlah yang masuk akal, atau bahkan mungkin terlalu rendah, sebab pengguna pasti akan menghabiskan lebih selama bertahun-tahun.
Hampir pasti, Amazon takkan rugi besar secara riil. IHS iSuppli membuat pernyataan bahwa daya tarik Kindle Fire justru pada apa yang akan didapat dengan perangkat tersebut. Jadi, seperti supermarket saja, Kindle Fire membuat pengguna mendapat barang, sementara penyedia konten mendapat keuntungan.
Sumber :
New York Times
0 komentar:
Posting Komentar